Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah

CategoriesTips RumahTagged , , ,

Renovasi rumah biasanya dilakukan ketika model ataupun kondisi rumah tidak sesuai dengan keinginan Anda. Renovasi juga diperlukan ketika terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Intinya, renovasi bangunan ini adalah pengubahan struktur rumah baik interior atau eksterior dan dengan cara merombak, meremajakan, memperbaiki, memperbarui, dan menyempurnakan desainnya. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan kenyamanan, menambah ruang, menghemat energi, dan memperoleh keamanan serta perlindungan.

Baik rumah baru ataupun hunian pribadi yang sedang Anda tinggali, renovasi rumah sah-sah saja untuk dilakukan. Namun, biar tidak salah sasaran, pastikan simak beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk merenovasi rumah!

Rencanakan Lebih Matang

Ketahuilah untuk melakukan renovasi rumah pasti akan mengeluarkan banyak budget. Mulai dari pembelian bahan-bahannya sampai biaya tukang yang akan mengerjakan tugasnya. Biar tidak melebar kemana-mana, usahakan rencanakan lebih awal dan matang mengenai berbagai pilihan produk yang akan digunakan. Bandingkan dengan harga yang lebih terjangkau dan pemeliharaan dalam jangka panjang. Apakah adanya renovasi tersebut akan merogoh kocek yang lebih banyak atau konstan. Perencanaan yang lebih awal ini membantu untuk menghemat anggaran Anda.

Pelajari Kondisi Lingkungan Sekitar

Sebelum Anda merenovasi rumah, penting sekali untuk memperhatikan terlelih dulu struktur daerah yang ditinggali. Mengenal lebih dalam karakter komunitas lingkungan Anda dan menggabungkan pola bangunan setempat akan mampu mewujudkan desain rumah Anda yang lebih baru dan berkesan. Dijamin, hasil renovasi rumah akan memperkuat kerangka kontekstual dan menjadi pola unik tersendiri pada daerah tersebut.

Karakter Lahan Rumah

Salah satu tujuan renovasi rumah adalah sebagai perlindungan. Hal ini terjadi apabila bangunan rumah Anda berdekatan dengan kawasan industri atau jalan raya sehingga sewaktu-waktu mendengar suara kebisingan yang menganggu kegiatan sehari-hari. Untuk mnghindarinya, Anda bisa merenovasi bagian tertentu rumah Anda seperti mempertinggi beteng atau pagar. Namun, terlebih dulu pahami dulu kondisi lahan bangunan Anda sampai kondisi iklimnya. Pastikan keduanya mendukung untuk membangun bangunan rumah yanglebih baik.

Kenali Konstruksi Rumah Anda

Ketahuilah, untuk merenovasi rumah yang Anda tinggali membutuhkan beberapa proses detail yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai Anda asal memadukan desain rumah yang lama dengan yang baru tanpa mengenali dulu jenis konstruksi bangunan Anda. Akibatnya, belum tentu cocok. Beruntung jika konstruksinya saling menguatkan. Namun, apabila hasil konstruksinya berat sebelah, bukan tidak mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pertimbangkan dengan pemikiran yang logis, supaya hasil renovasi rumah bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Perhatikan Gaya Hidup Keluarga

Pada dasarnya, renovasi rumah dilakukan apabila kondisi ruang tiap rumah tersebut tidak sesuai dengan gaya hidup Anda. Misalnya, tidak tersedianya ruang ibadah sehingga harus merombak ruangan tertentu untuk dijadikan tempat ibadah. Selain itu, perombakan rumah juga diperlukan apabila ingin menambah ruang khusus tersendiri untuk kegiatan baca buku, area keluarga untuk berkumpul dan hiburan, dan tempat khusus untuk bekerja di rumah. Bisa juga untuk membangun halaman rumah yang lebih asri dengan membuat taman yang indah ataupun kolam. Dengan begitu, anak-anak akan memiliki tempat bermain yang nyaman dan sejuk.

Pilih Material yang Tahan Lama

Renovasi rumah memang mengeluarkan biaya yang mahal. Namun, bukan berarti Anda harus memilih bahan yang murah tanpa mempertimbangkan efek jangka panjang. Usahakan bahan bangunan yang Anda beli tahan lama dan awet untuk setiap pergantian musim. Perhatikan pula struktur konstruksi rumah Anda seperti tekstur, warna atap, lemari, dan lantai supaya tetap mengekspresikan identitas rumah Anda serta tidak terkesan kacau secara visual.

Pertimbangkan Sumber Air

Air ini memiliki peran yang penting dan pokok dalam kehidupan sehari-hari sehingga tiap rumah wajib memiliki saluran air yang jelas. Air ini bisa Anda ambil dari galian sumur atau mengalirinya dari saluran PDAM. Saat renovasi rumah, biasanya rentan dalam penambahan ruang baru, kamar mandi baru, dan ruangan lainnya. Nah, biar tidak kelabakan, disarankan untuk tidak sekedar melakukan renovasi tanpa mempertimbangkan bagaimana saluran airnya. Jika Anda berniat menambah fixture yang lengkap, pastikan perbarui juga saluran pipa yang lebih besar dan tahan lama tentunya. Pastikan pula Anda paham benar bagaimana jalur pipa di rumah beserta tangki dan kapasitas pemanas airnya.

Perbarui Panel Listrik

Sama halnya dengan saluran air untuk renovasi rumah yang baru, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana sambungan listrik untuk ruangan yang baru tersebut. Pastikan setiap ada penambahan ruang, Anda perbarui juga panel listriknya. Perlu diingat pula jika penempatan panel harus tepat. Tidak tersembunyi dan mudah terjangkau. Jika masih memiliki jairngan kabel yang lebih baik, Anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mengatur jaringan kabel baru yang menghubungkan semua outlet.

Libatkan Jasa Renovasi Rumah

Ketahuilah jika soal renovasi rumah ini menyangkut keamanan kehidupan Anda dan keluarga selama tinggal di rumah. Jadi, supaya tercipta hunian yang nyaman dan aman, pastikan hasil renovasi tetap terkondisi aman. Jika perlu, libatkan jasa renovasi bangunan yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Konsultasikan dulu pada arsitek atau kontraktor, apakah desain rumah baru yang Anda inginkan mampu mencukupi kebutuhan atau tidak. Jika terkesan berlebihan dan kacau, mintalah rekomendasi  atau saran dari jasa renovasi bangunan tersebut bagaimana konstruksi rumah yang baru dan baik untuk suasana yang Anda inginkan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum renovasi rumah yang Anda miliki. Pastikan semua hal di atas direncanakan secara matang supaya hasilnya memuaskan ya!

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *