Rumah KPR Sebagai Jawaban Dari Hunian Impian

CategoriesTips RumahTagged , , ,

Rumah KPR dan Sistemnya yang Mudah

Rumah KPR merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin mewujudkan kepemilikan hunian. Sudah diketahui umum bahwa KPR ini merupakan layanan pinjaman.  Pinjaman yang dimaksud adalah pemberian pembayaran untuk rumah yang kemudian dicicil melalui bank.

Dengan menggunakan rumah KPR, artinya rumah yang dibeli itu menjadi jaminan pinjaman. Jika kredit ini tidak bisa dilunasi rumah itu akan disita. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi Anda untuk memaksimalkan pembayaran tepat waktu sesuai kemampuan di awal.

Orang menyebutnya juga dengan rumah murah KPR. Namun tahuka anda, apa itu KPR? Dan bagaimana syarat dan ketentuan yang diberlakukan bagi pembeli propert? adalah kredit yang disediakan oleh perbankan dan digunakan untuk membeli ruma dengan jaminan atau agunan berupa ruma yang dibiayai tersebut.

Dengan cicilan yang rendah, Anda juga tidak perlu bersusah payah memikirkan biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab penghasilan setiap bulan mampu menutupi semua biaya yang harus dibayarkan. Selain itu keuangan bisa lebih stabil dan lebih baik.

Cicilan rumah KPR memang mengurangi pendapatan. Namun, jumlah cicilan yang rendah patut disyukuri karena pengaruhnya tidak terlalu signifikan terhadap penghasilan bulanan. Jika suatu saat harga kebutuhan sehari-hari bertambah mahal, Anda juga tidak perlu takut. Sebab penghasilan bulanan cukup untuk mengcover seluruh pengeluaran tersebut. Dengan demikian, hidup Anda jauh lebih tenang.

KPR memudahkan Anda untuk memilih jenis cicilan sesuai kemampuan. Jadi, Anda dapat memetakan kebutuhan terlebih dahulu dan lalu mempertimbangkan jenis cicilan mana yang sesuai. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang memilih cara beli rumah seperti ini.

Apakah Syarat Pengajuan KPR di Bank?

Secara umun persyaratan dan ketentuan yang diperlakukan oleh bank untuk nasabah yang akan mengambil KPR relative sama. Dari segi administrasi, rumah KPR murah akan berdampak pada modal kreditnya. Untuk mengajukan KPR pemohon harus melampirkan:

  1. Dokumen Kartu Tanda Penduduk suami istri apabila telah menikah
  2. Kartu Keluarga
  3. Keterangan pengasilan atau slip gaji
  4. Laporan keuangan (untuk wiraswasta)
  5. NPWP Pribadi (untuk kredit di atas Rp.100.000.000,00
  6. SPT PPh Pribadi (untuk kredit di atas Rp.50.000.000,00)
  7. Fotocopy dari sertifikat induk dan atau pecahan (bila membelinya dari developer)
  8. Fotocopy sertifikat (bila jual beli perorangan)
  9. Foto kopi IMB
  10. Biaya Proses KPR Pada umumnya fasilitas KPR pemohon akan dikenakan beberapa biaya, notaris, provisi bank, biaya ansuransi kebakaran, biaya premi asuransi jiwa selamat masa kredit.

Secara umum dikenal 3 metode peritungan bunga yaitu flat, efektif dan annuitas tauhnan dan bulanan. Dalam prateknya metode suku bunga yang banyak sigunakan adalah suku bunga efektif atau annuitas. Calon pembeli tidak harus dana secara tunai untuk membeli rumah.

Nasabah cukp menyediakan uang muka. Karena kredit murah biasanya memiliki jangka waktu yang panjang, angsuran yang dibayar dapat diiringi dengan ekspektasi peningkatan penghasilan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Kredit Rumah

Rumah KPRBila membeli rumahdari perorangan, pastikan bawa sertifikat yang ada tidak bermasala da nada IMB sesuai dengan kondisi bangunan yang ada. Jika calon pembeli berniat untuk membeli rumah maka nasabah cukup membayar persekot atau uang muka (DP). Sisanya akan dilunasi bank.

Sebagai gantinya, nasabah mencicil biaya pelunasan. KPR sangat pennting untuk mendapatkan rumah walau dana belum mencukupi. Jika harus menabung dulu sampai harga rumah terjangkau, rumah yang diincar malah sudah bisa dibeli orang lain ketika uang suda terkumpul.

Mengapa hal ini sangat penting? Karena menginat harga dari rumah KPR yang terus naik menyulitkan masyarakat pembeli rumah. Lalu berapa besar DP yang harus dipersiapkan? Berdasarkan pada aturan Bank Indonesia yang telah dibuat, minimal DP harga rumah KPR ditetapkan 30 persen.

Ketentuan tersebut adalah untuk rumah pertama dan 50 persen untuk rumah kedua. Misalnya nasabah hendak membeli rumah seharga Rp.300.000.000,00, DP yang harus dia bayar minimal Rp.90.000.000,00. Pertama adalah sampaikan minat anda kepada penjual, baru lakukan penawaran harga.

Hingga kedua belah pihak sepakat dengan segala aturannya. Ingat untuk mengestimasikan dahulu kemampuan finansialanda untuk membayar DP rumah sebelum menawar. Jangan sampai sudah lama menawar ternyata tidak jadi.

Rumah KPR

Bagaimana membayar cicilan? Cicilan kredit rumah KPR murah terdiri atas utang pokok artinya nominal uang yang belum dilunasi ketika membeli hunian secara mencicil. Bunga dalam biaya jasa KPR yang ditentukan oleh bank tersebut atas persetujuan Bank Indonesia.

Mencari rumah murah KPR kredit murah yang sesuai itu tidak gampang. Sekalinya ada rumah yang cocok dan bagus kualitasnya, ternyata harganya tidak pas di kantong. Oleh karena itu kadang butuh waktu bertahun-tahun untuk mencari kecocokan rumah.

Dengan demikian jika sudah cocok sebaiknya langsung lakukan langkah ambil cicilan. Mengambil dengan tenor jangka panjang membuat cicilan lebih ringan. Proses pembayaran cicilan pun menjadi lebih mudah mengingat jumlah cicilan yang tidak terlalu besar.

Keuntungan Membeli Rumah dengan Sistem KPR

Rumah KPRProduk rumah murah KPR dengan tenor yang cukup lama sangat cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan. Soalnya jangka waktu pelunasan KPR dapat dilakukan hingga 20-an tahun. Jangka waktu yang longgar seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk mengelola keuangan dua kali lipat lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Sembari melunasi cicilan KPR, buatlah daftar yang berisi anggaran belanja setiap bulan. Anggaran ini dapat Anda jadikan sebagai pedoman saat berbelanja sehingga kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi. Keuangan juga lebih stabil meskipun ada kewajiban untuk membayar cicilan KPR setiap bulan.

Dengan cicilan yang rendah, Anda mampu mengalokasikan penghasilan ke sektor keuangan lain. Misalnya, investasi. Sisihkan sisa penghasilan bulanan untuk diinvestasikan. Selain menguntungkan, investasi juga menjadi cara meningkatkan nilai aset.

Tidak dapat dipungkiri, waktu pelunasan untuk cicilan yang rendah jauh lebih lama dibandingkan cicilan yang besar. Cicilan ini membuat hidup Anda terikat pada satu sektor pengeluaran yang tidak kunjung usai.

Tenggang waktu pembayaran biasanya berbanding lurus dengan bunga yang dibayarkan. Jika memilih tenor waktu yang cukup lama, Anda harus siap membayar bunga rumah KPR yang lebih besar. Jumlah bunga tersebut bisa mencapai 12 persen dari harga rumah yang Anda beli.

Tenor untuk pinjaman yang lama memicu terjadinya kredit macet mengingat godaan duniawi sangat sulit dielakkan, semisal belanja. Apabila Anda tidak langsung menyisihkan penghasilan untuk membayar cicilan, yang ada cicilan di bulan berikutnya akan menumpuk atau bahkan tidak lunas akibat ketidakdisiplinan dalam melakukan pembayaran.

Memang cicilan KPR yang rendah membuat hidup jauh lebih tenang. Namun, ada beban tersendiri saat melunasi cicilan tersebut. Bagaimana tidak, semua orang ingin utangnya cepat lunas agar bisa beralih ke sektor keuangan lainnya. Keinginnan akan hal ini harus terhenti mengingat tenor pelunasan rumah KPR yang cukup lama.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *