10 Interior Ruang Tamu Idaman Yang Patut Dicontek

CategoriesTips RumahTagged , ,

Desain interior ruang tamu  menjadi hal yang patut untuk diperhatikan. Mengingat ruangan tamu menjadi ruangan pertama yang akan dilihat oleh tamu yang sedang berkunjung ke rumah anda. Sehingga bisa diibaratkan jika desain ruang tamu adalah representasi keseluruhan rumah. Ruangan tamu yang rapi dan bersih tentunya akan memberi kesan pertama yang bagus terhadap rumah. Selain itu desain interior ruangan juga mampu memberikan kesan tersendiri untuk setiap tamu yang berkunjung. Jika membahas mengenai desain ruang tamu, ada banyak gaya dan desain interior yang kini berkembang. Anda bisa memilih gaya desain mana yang sesuai dengan tema rumah maupun kepribadian anda untuk membuat tampilan ruangan berkesan di mata tamu.

1. Interior Ruang Tamu Minimalis, Minim Perabotan dan Pemilihan Warna Netral

1. Interior Ruang Tamu Minimalis, Minim Perabotan dan Pemilihan Warna Netral

Rasanya desain interior yang satu ini menjadi pilihan banyak pemilik rumah. Bagi pecinta desain modern, tak perlu bingung bagaimana ingin mendesain ruang tamu anda. Interior ruang tamu minimalis menjadi pilihan desain yang paling aman. Dimulai dari penggunaan warna-warna dasar seperti putih, abu-abu, coklat yang bisa jadi pilihan terbaik. Penggunaan warna terang memang dapat memberikan kesan yang luas dalam ruangan, hal ini karena sifatnya yang dapat memantulkan cahaya. Karena itulah desain interior ini sangat cocok untuk ruangan tamu yang sempit. Pemilihan warna bisa ditempatkan pada dinding,furniture, maupun lantai ruangan. Tempatkan cermin dekoratif pada dinding ruangan. Bukan hanya sebagai dekorasi, namun ini juga akan semaki optimal dalam memberikan kesan luas pada ruangan.

2. Interior Klasik Modern Yang Tampil Mewah Nan Elegan

Gaya klasik memang tidak pernah salah ditempatkan dalam desain interior ruangan. Baik rumah yang ukurannya luas maupun sempit, gaya klasik sangat mudah untuk diterapkan. Namun  jika anda takut ketinggalan zaman, anda bisa menggunakan komponen modern di dalamnya. Gunakan karpet atau permadani yang ukurannya lebar sebagai focus point agar membuat tampilan ruang tamu jadi semakin menarik. Motif dan corak pada karpet yang anda gunakan dapat mempengaruhi desain ruang tamu anda. Semisal menggunakan karpet Persia, yang akan menguatkan kesan gaya klasik modern Timur Tengah yang menawan.

3. Interior Ruang Tamu Modern Yang Hemat Energi Dan Ramah Lingkungan

3. Interior Ruang Tamu Modern Yang Hemat Energi Dan Ramah Lingkungan

Desain interior yang satu ini juga sangat sering digunakan pemilik rumah untuk memberikan suasana yang berbeda di dalam rumah. Desain modern yang hemat energi dan ramah lingkungan dapat diterapkan dalam ruang tamu anda. Dimulai dengan penempatan jendela-jendela besar di ruang tamu, sehingga dapat memberikan kualitas udara sekaligus cahaya yang baik. Sinar matahari pagi dapat membawa suasana yang hangat masuk ke dalam rumah. Begitupula dengan sejuknya angin yang masuk, akan memberikan suasana nyaman tersendiri di rumah. Pemandangan taman hijau juga mampu memberikan kesegaran berbeda yang bisa dinikmati meskipun dari dalam rumah. Pertimbangkan pula menggunakan material yang eco-friendly dan mudah didaur ulang di dalam ruang tamu.

4. Gaya Ruang Tamu Vintage Yang Terbuka

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-31.jpg

Inspirasi gaya desain lainnya yang bisa anda contek ke dalam ruang tamu anda adalah gaya vintage. Berbeda dari desain interior sebelumnya, gaya yang satu ini justru akan memberikan kesan yang hangat dan lebih homey di dalam ruang tamu. Ciri khas dari interior vintage disini adalah adanya furniture-furniture dengan gaya tempo dulu. Penggunaan warna juga memiliki warna-warna pastel ringan. Dengan memadukan gaya klasik dan menggunakan material alami seperti bambu, rotan, anda juga bisa membuat konsep ruangan yang terbuka. Menjadi pilihan yang sempurna untuk membuat ruang tamu yang cantik dan manis.

5. Gaya Ruang Tamu Skandinavian Yang Artistik

Untuk anda yang menginginkan gaya interior ruang tamu yang memiliki kesan bersih dan rapi namun tidak mengurangi nilai estetika. Maka gaya Skandinavian seperti ini bisa jadi referensi anda. Didominasi warna monokrom dan menggunaan furniture bergaya skandinavian minimalis membuat ruang tamu jadi terlihat rapi dan menarik. Anda bisa melengkapi tampilan ruang tamu ala skandinavian menggunakan dekor artistik modern sehingga memberikan kesan artsy di dalam ruangan. Pemilihan warna-warna kalem seperti abu, terracota, hijau daun, dan coklat sangat cocok untuk diterapkan. Warna-warna ini akan memberikan kesan yang nyaman dan hangat untuk tamu-tamu yang datang ke rumah anda.

6. Gaya Ruang Tamu Rustic Yang Unik

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-32.jpg

Desain interior yang satu ini mungkin akan sangat cocok bagi anda yang menginginkan kesan ruangan hangat dan natural, namun tetap menonjolkan gaya beda dan unik. Gaya rustic di dalam desain interior ini bisa anda terapkan di dalam ruang tamu anda. Dimulai dengan menggunakan material rustic dengan material terekspos seperti lantai kayu atau besi yang mana menjadi ciri khas gaya interior yang satu ini.

7. Interior  Industrial Dengan Sentuhan Alami

Belakangan ini gaya interior industrial cukup banyak diminati. Dan masih sangat jarang pemilik rumah yang menggunakan gaya interior yang satu ini ke dalam ruang tamu di rumah. Penggunaan material mentah yang masih terekspos serta ornamen dan elemen industrial yang masih sangat jarang ditemukan dalam desain interior rumah menjadi ciri khas dari gaya industrial ini. Namun perlu diperhatikan jika gaya industrial ini terkadang memberikan kesan yang kaku dan dingin. Karena itulah jarang sekali digunakan untuk desain interior rumah. Akan tetapi jika anda tetap ingin menerapkan gaya yang satu ini namun dengan kesan yang lebih hangat. Tambahkan saja material kayu pada beberapa bagian desain ruang tamu serta elemen natural yang membuat kesan homey dan nyaman semakin terasa.

8. Interior Tamu Retro Yang Eksentrik Dengan Warna-Warna Kontras

Ingin tampilan ruang yang eksentrik namun membuat tamu tetap nyaman berkunjung di rumah anda? Mungkin desain retro ini sangat tepat untuk jadi referensi anda. Cukup dengan menggunakan warna-warna kontras bergaya retro dan dilengkapi dekorasi pop art. Untuk semakin menguatkan interior ruangan bergaya retro, anda bisa menggunakan perabot yang sedikit antik dengan khas vintage, dipulas dengan pemilihan warna-wan akontras. Interior seperti ini akan memberikan gaya yang unik dan eksentrik yang kuat bagi siapapun tamu yang melihatnya.

9. Interior Ruang Tamu Dominan Kayu Ala Jepang

9. Interior Ruang Tamu Dominan Kayu Ala Jepang

Ingin desain ruang tamu minimalis namun tak telihat itu-itu saja, mungkin gaya minimalis Jepang ini bisa anda terapkan. Desain interior ini dominan kayu seperti yang diterapkan rumah-rumah di Negara Jepang. Apalagi jika anda bisa memposisikan ruang tamu anda berdekatan dengan area hijau, tentunya ini akan membuat suasananya semakin segar. Anda dapat menggunakan lantai parket serta furniture lainnya dari kayu seperti lemari kayu, kursi kayu, maupun bingkai cermin kayu.

10. Desain Ruang Tamu Sudut

Mungkin desain yang satu ini sangat cocok diterapkan jika rumah anda berukuran kecil. Memiliki lahan terbatas tak menjadikan penghalang demi memiliki ruang tamu yang diidamkan. Anda dapat memanfaatkan sudut rumah yang disulap menjadi sebuah ruang tamu yang cantik. Komponen dalam interior ruang tamu ini sangat sederhana. Anda hanya perlu menempatkan 2 kursi dan 1 meja kecil saja. Bisa ditambahkan dekorasi tambahan lainnya seperti pot bunga kecil dan lukisan untuk mempercantik ruang tamu.

About the author