Mengubah Rumah Minimalis Sederhana Mungil Jadi Hunian Idaman

CategoriesTips RumahTagged ,

Rumah minimalis sederhana kini semakin banyak digemari masyarakat, khususnya kalangan kelas menengah ke bawah. Keuntungan membangun rumah minimalis ini antara lain adalah anggaran yang lebih miring dan luas lahan yang dibutuhkan relative kecil.

Dengan look sederhana namun tetap memperlihatkan kesan modern, rumah minimalis sangat cocok untuk bangunan kecil. Menariknya, bangunan yang relative kecil tersebut bisa terlihat lebih luas dengan penerapan konsep ini.

Tapi bagaimana sih cara membuat rumah sederhana agar terlihat lebih cantik dan nyaman? Yuk intip trik-triknya di bawah ini.

Pilih Bentuk Rumah Minimalis yang Sederhana

Salah satu faktor utama yang bisa menentukan look akhir dari sebuah rumah adalah bentuk bangunan itu sendiri. Nah disini Anda bisa memilih bentuk rumah minimalis sederhana yang tak memiliki terlalu banyak sudut, sebab sudut pada setiap sisi bangunan hanya akan memakan ruang dan memberikan kesan sempit di bagian interior rumah.

Penentuan bentuk rumah juga bisa disesuaikan dengan bentuk dan luas lahan yang tersedia. Manfaatkan semaksimal mungkin lahan yang ada tanpa menghabiskannya secara keseluruhan. Sebab disini Anda juga masih membutuhkan teras dan halaman meski dengan ukuran kecil.

Sketsa Semi Terbuka

Pada rumah berukuran mungil, sketsa rumah semi terbuka sangat dianjurkan. Hunian yang memiliki terlalu banyak sekat biasanya akan terlihat lebih sempit. Nah sebagai pengganti sekat permanen, Anda bisa menggunakan sekat semi permanen yang bisa dibongkar pasang atau hanya menggunakan tirai saja.

Bahkan pada beberapa ruang Anda tidak perlu menggunakan sekat sama sekali, seperti untuk dapur dan ruang makan serta ruang keluarga. Dengan begitu sekat permanen hanya digunakan pada ruang tamu dan kamar-kamar saja.

Warna Terang Jadi Pilihan yang Tepat untuk Rumah Minimalis Sederhana

Mengapa Anda lebih disarankan untuk menggunakan warna terang pada rumah minimalis sederhana mungil? Sebab warna-warna terang seperti putih, silver, sky blue dan cream akan memberikan efek lebih luas pada ruangan.

Hindari warna-warna pop yang terlalu tajam seperti maroon, orange, dan lain sebagainya yang akan memberikan kesan sempit pada ruangan.

Selain pemilihan warna cat, pemilihan warna furniture dan hiasan dinding juga harus disesuaikan. Disini Anda bisa memilih warna full pastel atau memberikan kombinasi warna pop pada furniture maupun hiasan dindingnya sebagai pemanis.

Manfaatkan Semua Lahan

Jika kebetulan Anda hanya memiliki rumah minimalis sederhana 1 lantai, maka Anda harus pandai memafaatkan semua lahan dengan baik. Yang dimaksud memanfaatkan semua lahan disini bukanlah dengan mendirikan bangunan memenuhi lahan, namun menggunakannya untuk bagian yang bermanfaat.

Semisal jika Anda masih memilih satu meter lahan di belakang rumah maka bisa dimanfaatkan untuk tempat jemuran dan tempat laundry. Sementara lahan yang tersisa di bagian samping dan depan bisa dimanfaatkan untuk taman. Jadi meskipun rumah minimalis sederhana Anda kecil, tetapi masih memiliki spot yang membuatnya terlihat cantik.

Memilah Furniture yang Digunakan untuk Rumah Minimalis Sederhana

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara rumah minimalis dan vintage adalah furniture yang digunakan. Dimana rumah minimalis cenderung menggunakan furniture dan pernak-pernik yang lebih sedikit alias minim.

Dari prinsip tersebut, Anda pun harus pandai memilih furniture yang digunakan, apakah benar-benar dibutuhkan atau tidak. Begitu juga dengan efeknya pada look rumah, apakah membuat rumah tampak lebih cantik atau justru berpotensi menghilangkan kesan minimalis pada hunian tersebut.

Penataan furniture pun harus dilakukan dengan baik, terlebih lagi untuk rumah dengan ukuran kecil.

Semoga dengan trik-trik di atas, Anda bisa merubah hunian mungil Anda jadi lebih nyaman dan cantik

About the author