Sewa Rumah Jadi Solusi Terbaik Untuk Keluarga Baru

CategoriesTips RumahTagged , ,

Setelah menikah dan membina rumah tangga, rumah seakan menjadi aset yang harus segera dimiliki oleh sepasang suami istri. Hanya saja untuk memiliki rumah sendiri bukanlah perkara mudah bagi sebagian kalangan, terutama untuk kalangan menengah ke bawah. Dimana harga rumah dari tahun ke tahun terus melambung tinggi, sehingga sewa rumah adalah alternative yang tepat.

Saat ini pun banyak bangunan rumah maupun apartemen yang siap sewa. Harganya tentu sesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing bangunan, sehingga dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari-cari rumah sewa, berikut adalah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan.

Siapkan Budget Untuk Sewa Rumah

Tak bisa dipungkiri jika budget adalah satu hal penting yang harus Anda disiapkan sebelum memutuskan untuk sewa rumah. Umumnya, sistem pembayaran sewa sendiri bisa dilakukan perbulan atau pertahun. Bagi Anda yang ingin menyewa rumah dalam jangka waktu pendek, sebaiknya pilih opsi pertama yakni melakukan pembayaran perbulan.

Sementaa untuk Anda yang mungkin membutuhkan rumah tinggal dalam jangka waktu panjang, sebaiknya pilih sistem pembayaran tahunan. Biasanya sistem pembayaran tahunan pun terhitung lebih ekonomis.

Cari Rumah Dengan Lokasi Strategis

Yang dimaksud strategis disini ialah sesuai dengan kebutuhan Anda. Semisal untuk Anda yang bekerja di suatu kota, tentu akan lebih efektif jika rumah yang Anda huni dekat dengan lokasi kerja Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek apakah fasilitas umum yang ada di sekitar rumah tersebut lengkap, seperti sekolah, pasar, rumah sakit, tempat ibadah dan lain sebagainya.

Tapi ingat, biasanya rumah yang lokasinya berada di daerah dengan fasilitas umum lengkap serta dekat, harga sewanya pun lebih tinggi. Sementara jika Anda ingin nyewa rumah murah, biasanya fasilitas yang ditawarkan tidak terlalu lengkap.

Periksa Kondisi Rumah

Setelah menemukan rumah yang hendak di sewa, jangan lupa utuk melakukan pengecekan langsung ke lokasi. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama bagi Anda yang memanfaatkan situs sewa rumah, sebab tak sedikit rumah sewa yang sangat berbeda antara kondisi asli dan foto yang ditampilkan.

Jika sudah mendatangi lokasi rumah, Anda bisa memeriksa seluruh bagian rumah mulai dari desain rumah, ukuran rumah hingga detail perbagiannya. Apabila terdapat kerusakan kecil, maka Anda bisa meminta pihak pemilik rumah untuk melakukan perbaikan terlebih dahulu, sehingga rumah tersebut siap huni.

Pahami Surat Kontrak Sewa Rumah

Idealnya, setiap perjanjian sewa rumah harus dilengkapi dengan surat resmi untuk menjamin profesionalisme. Selain itu surat kontrak sewa juga dibutuhkan untuk menghindari kerugian pada salah satu pihak.

Sebelum menandatangani surat kontrak sewa tersebut, pastikan Anda memahami isi kontrak secara detail, seperti akhir masa sewa, kenaikan biaya sewa, tambahan biaya lain, peraturan penggunaan rumah dan lain sebagainya.

Jika semua poin sudah disetujui, baru Anda bisa menandatanganinya dan mematuhi isi surat kontrak tersebut.

Dekorasi Hunian Sewaan Anda

Walaupun rumah Anda yang huni bukan miliki sendiri, tapi tak ada salahnya bukan untuk mendekorasi ulang bangunan tersebut sehingga lebih nyaman dan indah? Meski tak bisa melakukan dekorasi/renovasi secara permanen, namun Anda bisa mempercantik ruangan dengan pernak-pernik atau detail kecil lain yang sifatnya sementara.

Beberapa dekorasi sederhana yang bisa Anda lakukan contohnya membuat taman vertical dengan pot yang bisa dipindahkan, menata ulang furniture dalam rumah, memasang hiasan dinding yang bisa dipasang copot dan lain sebagainya.

Dengan mencari rumah sewaan yang murah dan sesuai kebutuhan, bukan hal mustahil lagi bagi Anda dan keluarga kecil Anda untuk hidup mandiri serta nyaman.

About the author